Tips Memilih Motor Handal untuk Hadapi Musim Penghujan

Tips memilih motor handal. Musim penghujan telah tiba. Saat musim hujan, tentu akan muncul hambatan bagi setiap orang termasuk para pengendara motor. Dengan keadaan jalan tergenang dan motor yang selalu terkena air hujan, hal ini memang bisa membuat kendaraan roda dua ini bermasalah. Salah satu masalah pada motor yang sering muncul saat musim penghujan yakni mogok karena air yang masuk ke dalam bagian dalam motor. Nah dari sini untuk mengatasi problem di musim penghujan itulah dibutuhkan motor yang handal. Tapi bagaimana cara atau tips memilih motor handal untuk hadapi musim penghujan ini? Berikut ulasannya.

 

  • Pilih yang Bertenaga

 

Tips pertama pilih motor handal untuk dipakai di musim hujan adalah dengan memilih yang bertenaga. Seperti yang disebutkan bahwa pada saat musim penghujan seringkali dijumpai genangan air hingga banjir yang cukup dalam. Nah dari sinilah maka dibutuhkan motor yang bertenaga untuk bisa melewati genangan air atau banjir tersebut. Motor yang bertenaga sendiri bisa didapati dari jenisnya yang memiliki kapasitas CC besar. Dengan tenaga yang dimilikinya, motor seperti ini akan terhindar dari mogok ketika digunakan saat cuaca hujan atau untuk melewati banjir.

 

  • Pilih yang Memiliki Bodi Tinggi

 

Dari adanya genangan air atau banjir, maka peluang masuknya air ke dalam mesin motor akan semakin besar. Tapi bila Anda menggunakan motor yang memiliki bodi tinggi, tentu air akan sulit masuk ke dalam mesin. Motor-motor dengan bodi tinggi sendiri bisa didapati dari motor-motor trail atau racing. Tapi perlu diperhatikan ketika menggunakan motor dengan bodi tinggi ini adalah tingkat kewaspadaan saat menaikinya.

 

  • Pastikan Selalu Terawat atau Di-service

 

Berikutnya, tips memilih motor handal guna hadapi musim penghujan adalah memastikan selalu terawat atau di-service. Motor yang terawat dan sering di-service memang akan memiliki perbedaan dengan motor yang jarang dirawat. Motor yang sering dirawat dan di-service pastinya akan lebih tangguh dan handal. Tidak hanya tangguh digunakan saat hujan, tapi motor yang sering dirawat dan di-service akan mampu juga mengatasi genangan air serta banjir.

 

  • Pastikan Punya Sparepart Original

 

Motor yang memiliki sparepart original memang akan jarang mengalami mogok. Meski dipakai saat cuaca hujan atau di daerah banjir, motor dengan sparepart original ini akan lebih handal dibanding motor dengan sparepart abal-abal yang akan sering mogok. Jadi untuk menghadapi musim penghujan ini pastikan Anda untuk memilih motor yang memiliki sparepart original untuk dikendarai.

 

  • Pilih Motor yang Tidak Dimodifikasi

 

Terakhir, tips memilih motor handal untuk menghadapi musim penghujan adalah memilih yang tidak dimodifikasi. Motor yang telah dimodifikasi memang akan rentan mengalami mogok ketika digunakan pada musim penghujan. Ini dikarenakan motor yang dimodifikasi biasanya akan membuat air hujan mudah masuk ke dalam bagian motor. Nah bila air sudah mudah masuk ke dalam bagian motor, maka kendaraan roda dua ini pun akan lebih mudah mengalami mogok. Tapi bila Anda memilih dan memakai motor standar pabrik, maka keadaan mogok akan seminimal mungkin bisa dihindari.

Demikianlah beberapa tips memilih motor handal untuk dipakai dalam menghadapi musim penghujan. Ingat bahwa motor yang baik dan handal ini penting untuk dipilih dan dimiliki untuk kegiatan sehari-hari, terutama saat musim penghujan seperti sekarang. Nah untuk memilih dan mendapatkan motor-motor handal tersebut, Anda bisa menjadikan tempat berikut sebagai referensi pembelian terbaik.